Jumaat, 4 Mac 2016

Seputar Penyakit Angina Pektoris Atau Angin Duduk Yang Perlu Diketahui




Orang awam sering menyebut penyakit angina pektoris sebagai angin duduk, atau kadang diagap sebagai masuk angin. Tindakan dilakukan bermacam-macam ada yang mengerok tubuh penderita, ada yang melumuri dengan minyak angin , ada pula yang lebih ekstrim lagi yaitu mengunakan darah ayam yang ditempelkan di dada penderita. Padahal Penyakit yang dikenal dengan angin duduk ini adalah salah satu penyakit jantung. Bila tidak ditangani dengan tepat dan cepat bisa membahayakan keselamatan yang berujung pada kematian.
a.      Apa Itu Angina Pektroris ?
Jantung adalah organ yang membutuhkan oksigen dalam jumlah  besar. Seiring bertambah aktivitas tubuh, maka kebutuhan oksigenpun bertambah. Bila aliran darah koroner tidak bisa menyuplai kebutuhan oksigen yang dibutuhkan tubuh maka akan terjadi iskemia. Kekurangan oksigen pada sel-sel otot jantung yang menyebabkan Angina Pektoris
b.      Penyebab Angina Pektoris ?
Ada berapa penyebab angina pektoris yaitu penyempitan pada arteri  koroner, peningkatan beban kerja jantung dan menurunnya kemampuan mengikat oksigen. Bisa disebabkan karena pola dan gaya hidup yang salah seperti banyak mengkonsumsi makanan berlemak, berakumulasi membentuk sel-sel lemak pada arteri.
c.       Gejala Angina Pectoris ?
Nyeri dada yang menjalar kelengan kiri, leher, rahang, punggung dan perut. Nyeri yang dirasakan seperti tertekan beban berat. Nyeri dada tersebut biasa timbul karena melakukan aktivitas fisik yang berat atau emosi yang hebat.  Nyeri dada tersebut bisa disertai dengan gejala mual, muntah dan sesak napas.
d.      Penanganan Utama Bila terkena Angina Pektoris
Jangan lakukan apa-apa, suruh pasien istirahat untuk mengurangi kebutuhan oksigen, posisikan pasien semifolwer, letakkan pada ruangan keluar masuk udara atau jendela yang terbuka, Jaga lingkungan yang tenang dan jangan mengerumuni karena akan menyebabkan berebut oksigen.  Sebaiknya untuk penanganan lebih lanjut bahwa kerumah sakit atau klinik terdekat untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Tiada ulasan: