Sabtu, 5 Mac 2016

Seputar Penyakit Hipertensi Yang Perlu Diketahui



Hipertensi penyakit yang biasanya menyerang pasa usia lanjut karena pengaruh usia dan penurunan fungsi organ,n amun sekarang penyakit ini bisa menjangkit siapa saja tanpa padang bulu, tua dan muda. Penyakit karena pola dan gaya hidup yang salah serta terlalu sering terpapar stres dan tidak bisa mengendalikan emosi.
a.      Apakah Hipertensi ?
Hipertensi adalah Peningkatan tekanan darah dibatas normal diatas 140/90 mmHg. Penilainan hipertensi dilihat dari sisi usia dan jenis kelamin. Pria dinyatakan hipertensi bila tekanan darah diatas 140/90 mmHG.  Sedangkan pada wanita dinyatakan hipertensi bila tekanan darah diatas 160/95 mmHg.
b.      Penyebab dan Gejala Hipertensi
Ada berapa penyebab hipertensi itu menjangkit seseorang  yaitu gaya hidup yang suka merokok, konsumsi alkohol, makan instan, konsumsi makan yang tinggi kandungan garam. Obesitas bisa menyebabkan hipertensi.  Gejala yang ditimbulkan adalah  kelelahan, kurang nafsu makan, peningkatan denyut jantung, sakit kepala, nyeri dada telinga berdenging dan sulit tidur.
c.       Seberapa Bahaya Hipertensi?
Hipertensi bila tidak segera ditangani maka akan menimbulkan kerusakan pembuluh darah pada organ-organ vital. Bisa menyebabkan penyakit infark miokard, stroke, gagal jantung dan gagal ginjal.  Bisa berujung pada kematian.
d.      Penangan Hipertensi
ttPantau tekanan darah berkonsultasi dengan dokter dalam pengobatan. Selain itu menjaga pola hidup sehat serta olahraga menjadi factor pembantu dari tekanan darah menjadi normal. Selain itu hindari tekanan atau berpikir terlalu keras, tenangkan diri. Ciptakan situasi yang rilek dan tenang. Pikiran juga sangat mempengaruhi dari hipertensi ini.

Tiada ulasan: