Rabu, 2 Mac 2016

Seputar Penyakit Diabetes Mellitus Yang Perlu Diketahui




Setiap tahunnya penderita diabetes di Indonesia semakin meningkat dan bertambah, tak terukur usia. Kehidupan saat ini yang tidak bisa lepas dari gula. Semua makanan pasti berkaitan dengan gula, bukan pemanis alami yang terdapat pada buah-buahan tapi pemanis buatan. Ini salah satu faktor pemicu banyak orang yang terjangkit penyakit diabetes. Kita memang tidak bisa lepas dari gula tapi bagaimana mengatur agar  sesuai porsi atau kebutuhan. Tidak berlebihan dalam mengkonsumsi gula, karena sesuatu yang berlebihan itu pasti dampaknya tidak baik. Inilah seputar penyakit diabetes mellitus yang perlu diketahui :
a.      Apakah Diabetes ?
Diabetes adalah kadar gula darah dibatas normal karena ganguan produksi insulin didalam tubuh. Ada dua macam tipe diabetes yaitu tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 1 kerusakan sel beta pada pankreas, sedangkan diabetes tipe dua disebabkan oleh gaya hidup yang salah. Insulin  bertugas mengolah glukosa menjadi  energi pada tubuh.  Maka tak heran orang yang terkena diabetes sering merasa lemas.
b.      Apakah Gejala Diabetes ?
Ada gejala khusus dari penderita diabetes yaitu sering buang air besar, kehilangan berat badan yang signifikan,  mudah lelah, haus berlebihan, mudah lapar. Bila ada tanda-tanda dan gejala yang mengarah kesana sebaiknya periksakan kadar gula darah. Bila kadar gula darah rendah bisa menyebabkan koma atau hilangnya kesadaran.
c.       Bagaimana Pencegahan Diabetes ?
Diabetes tipe 2 yang banyak menjangkit seseorang karena gaya hidup dan pola yang salah. Hal yang harus dilakukan adalah mengatur asupan nutrisi yang masuk kedalam tubuh, menghindari konsumsi gula berlebihan, dan makanan dan minuman instan yang mengandung kadar glukosa tinggi. Perbanyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran. Terapkan pola hidup sehat bukan yang penting makan.
d.      Bila Diabetes Telah Menjangkit ?
Bila telah terkena diabetes, segara konsultasi ke dokter untuk mendapatkan theraphy dna pengobatan yang tepat. Sebelum semua terlambat. Biasanya bila  terkena diabetes tipe 1 harus menggunakan suntik insulin secara teratur dan berkala. Tapi berbeda dengan yang terkena diabetes tipe 2, bisa disuntik insulin  berkala dan bisa juga dengan mengatur pola makan dengan mengkonsumsi obat tertentu.

Tiada ulasan: