Sabtu, 19 Mac 2016

Seputar Penyakit Tumor Intracranial (Tumor Otak) Yang Perlu Diketahui



Tumor bila tidak ditangani dengan baik maka akan menghambat sebuah sistem. Bayangkan bila tumor itu tubuh di otak manusia. Sedangkan otak merupakan pusat dari segala aktivitas tubuh. Orang boleh kehilangan kaki, kehilangan tangan, kehilangan daun telinga, mata dan organ lainnya. Tapi bila sudah berhubungan dengan saraf otak, maka manusia bisa kehilangan segalanya termasuk kesadaran yang berujung pada kematian.
a.       Apakah Tumor Intracranial?
Tumor intracranial adalah jaringan sel yang tumbuh secara tidak normal atau lesi,  yang membesar mendesak rongga otak.  Berbentuk massa seperti bola. Tumor ini bisa menyerang siapa saja, terutama pada anak-anak.
b.      Gejala Tumor Intracranial
Gejala awal memang sedikit membingungkan karena sering diagap sebagai sakit kepala biasa. Tapi gejala lanjutan adalah nyeri kepala heba teus-menerus, muntah, mual, kejang disertai dengan penurunan kesadaran. Adanya perubahan prilaku seperti tidak responsif, disorentasi,  adanya edama  (pembengkan pada mata)
c.       Penyebab Tumor Intracranial
Ada berbagai penyebab dari tumor ini adalah factor genetik atau bawahan dari lahir karena anggota keluarga yang terjangkit penyakit tersebut. Gaya hidup seperti perokok, minuman keras serta mengkonsumi makanan instan. Memiliki riwayat kecelakaan atau cedera kepala dan penderita hidrosefalus.
d.      Penanganan
Hal yang harus dilakukan adalah segera melakukan pemeriksaan sedini mungkin kepalayan kesehatan atau ke dokter. Selain mendapatkan obat-obatan akan dilakukan serangkainan pemeriksaan diagnostic dari ST-Scan untuk mengetahui ada atau tidak tumor tersebut. Baru  akan dipertimbangkan untuk dilakukan tindakan operasi atau tidak setelah mendapatkan diagnosis tepat.

Tiada ulasan: