Selasa, 22 Mac 2016

Seputar Penyakit Katarak Yang Perlu Diketahui



Mata adalah aset yang  berharga, bila mata mengalami kerusakan maka bisa mengalami kebutaan.Bila telah buta, sekeliling terasa gelap, beraktivitaspun akan mengalami kesulitan. Maka sebelum semua terlambat pelihara mata sebaik mungkin, salah satunya dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A atau beta-karoten.
a.       Apakah Katarak Itu?
Katarak adalah lensa mata yang keruh,  atau tampak berembun. Pada mata yang normal berwarna bening, tapi pada penderita katarak tampak memutih. Fungsi lensa ini sendiri adalah sebagai pengantar cahaya ke retina.
b.      Gejala Katarak
Mengalami penurunan fungsi pengelihatan, padangan tampak kabur. Tidak bisa melihat ditempat yang redup seperti pada malam hari. Bila salah satu mata  ditutup akan ada bayangan ganda atau menjadi dua. Lensa mata tampak memutih. Membutuhkan cahaya yang sangat terang pada saat membaca atau sedang menulis.
c.       Penyebab Katarak
 Usia menjadi factor penyebab sesorang terjangkit penyakit katarak karena penurunan fungsi organ. Selain itu sering terpapar dengan sinar matahari dalam jangka yang lama dan rutin dan terpapar radiasi inframerah, penderita diabetes,  memiliki riwayat pernah dioperasi mata oleh karena trauma, factor genetik serta gaya dan pola hidup yang tidak baik.
d.      Penanganan Katarak
Sebaiknya segara konsultasi kedokter bila mengalami gejala penurunan fungsi pengelihatan atau buram. Bila mdiagnosa katarak biasa akan dilakukan tindakan operasi pergantian lensa yang baru. Bila penyakit ini tidak ditangani dengan segara bisa menyebabkan kebutaan permanen karena saraf mata sudah tidak berfungsi lagi.

Tiada ulasan: