Rabu, 9 Mac 2016

Seputar penyakit Alzheimer yang perlu diketahui



Alzheimer salah satu penyakit yang menyerang pada usia lanjut. Siapapun bisa terserang penyakit ini, malah bisa terjadi pada usia muda. Tanda-tanda awal mulai sering lupa meletakan barang yang baru saja lima menit diletakan. Ketingkat yang lebih parah lagi adalah lupa bahwa sudah makan, lupa alamat tempat tinggal, lupa nama sendiri.
a.      Apakah Alzheimer ?
Kematian sel saraf sehingga otak tampak lebih kecil dari otak manusia  sehat yang disebabkan proses autoimun, virus lambat, keracunan aluminimum, predisposisi genetik.  Menurunnya metebolisme dan aliran darah di korteks parietalis superior berdampak pada degenarasi neuron kolinergik.
b.      Gejala Alzheimer
Alzheimer atau yang lebih sering dikenal dengan penyakit pikun. Gejalanya yaitu sering lupa atas apa yang telah dilakukan, lupa nama dan tempat. Suka salah meletakan barang, emosi kadang tidak terkontrol cenderung agersif, memiliki perubahan kepribadian seperti suka menjerit dan memekik sendiri.  Kesulitan dalam berkomunikasi, kurang nafsu makan. Pada tahap yang akut, penderita tidak bisa mengurus dirinya sendiri.
c.       Bahaya Alzheimer
Penderita yang suka lupa, bila tidak dipantau oleh anggota keluarga maka bisa hilang tanpa jejak, apalagi bila keluar rumah. Kurang nafsu makan bisa menyebabkan malnutrisi. Berisiko tinggi terkena penyakit paru-paru.
d.      Pengobatan
Keluarga secara bergantian menjaga dan merawat penderita dengan telaten dan kesabaran yang ekstra. Selain tu berkonsultasi dengan dokter dalam  pengobatan penenang dan antidepresan.

Tiada ulasan: