Isnin, 21 Mac 2016

Seputar Penyakit Myocarditis Yang Perlu Diketahui



Tak hanya lengan manusia yang memiliki otot tapi jantung juga . Otot jantung ini disebut dengan myocardiocyteal. Fungsi otot jantung adalah memompa darah dari ventrikel. Bila otot jantung mengalami ganguan, bisa terbayangkan apa yang akan terjadi. Otot jantung berbeda dengan otot yang ada dilengan, bentuk tipis hanya khusus diciptakan tuhan untuk jantung.
a.       Apa Penyakit Myocarditis  ?
Myocarditis adalah peradangan pada otot jantung yang disebabkan oleh virus, bakteri atau parasit. Otot jantung membengkak, mengalami kematian jaringan sekitar, terjadi pelukaan. Otot jantung tidak bisa menjalankan fungsi secara maksimal.
b.      Penyebab Myocarditis
Penyebab dari myocarditis adalah demam reumatik, infeksi dari virus, bakteri, jamur dan parasit yang bisa masuk lewat makanan yang dimakan atau bawahan dari penyakit yang ada pada tubuh seperti flu, HIV,  campak, rubella dan lain sebagainya. Bisa juga kebiasaan atau gaya hidup yang salah.
c.       Gejala Myocarditis
Dada terasa berat, penderita tampak kesulitan bernapas, napas cepat, suhu tubuh mengalami peningkatan atau demam, denyut jantung cepat , nafsu makan mengalami penurunan, pembengkakan atau edema pada  pergelangan kaki, mudah terasa lelah, mengalami diare, bisa juga penderita tiba-tiba pingsan, keluar keringat dingin, dan tampak lemas.
d.      Penanganan Miocarditis
Miocarditis yang masih tahap ringan sebaiknya istirahat cukup dengan memperhatikan pola makanan serta gaya hidup yang sehat, menghindari kebiasaan minum  alkohol  dan merokok. Bila sudah menunjukan gejala yang parah segera mungkin bawah kepelayanan kesehatan atau kedokter. Biasanya akan diberikan obat untuk mengurangi kerja jantung.

Tiada ulasan: