Ahad, 6 Mac 2016

Seputar Penyakit Anemia Yang Perlu Diketahui



Anemia penyakit yang sudah tidak asing lagi, sering dikenal dimasyarakat sebagai kurang darah. Tapi ada sebagian yang bersepsi bila tekanan darah rendah  sama artinya dengan kurang darah. Memang tidak salah tapi tidak selalu benar. Kalau tekanan darah rendah, tekanan darah pada jantung yang rendah. Sedangkan anemia atau kurang darah kandungan zat-zat pada sel darah merah kurang dari kebutuhan tubuh sehingga produksi sel darah merahnya terhambat, kebutuhan tubuh tidak terpenuhi.
a.      Apakah anemia ? 
Penurunan kadar hemoglobin atau HB dalam darah. Jadi penentuan orang kurang darah ini melalui hasil cek laboratorium untuk melihat HB darah. Jumlah normal HB seseorang perempuan diatas 12 gr/dl  dan pada laki-laki diatas 13 gr/dl. Bila kurang dari situ biasa memasuki gejala anemia.
b.      Gejala dari Anemia
Gejala yang timbul bila terkena anemia adalah lelah, lemas, keluar keringat dingin, pusing, telinga berdeging, warna kulit pucat, sakit kepala, kelemahan otot,  mengantuk dan tidak semangat dalam melakukan aktivitas, mata berkunang-kunang
c.       Seberapa bahaya Anemia
Bila anemia tidak ditangan dengan segara bisa berdampak pada kerusakan jaringan dan organ tubuh yang berujung pada kematian. Pada dasarnya tubuh manusia tersusun atas air (darah) untuk menjalankan masing-masing fungsi organ dan mengikat oksigen. Bila kekurangan darah bisa dibayangkan asupan makanan ke sel tidak maksimal, sel banyak yang mati.
d.      Penanganan terhadap anemia
Atur pola makan yang mengandung atau bergizi tinggi yang kaya protein zat besi mineral seperti yang terdapat pada buah-buahan dan sayur-sayuran. Selain itu konsultasi ke ahlinya atau ke dokter untuk mendapatkan pengobatan dan diagnosis yang tepat karena anemia yang muncul mungkin ada penyakit lain yang menyertai. Banyak jenis anemia dari anemia aplastik, anemia defisiensi besi, anemia megaloblastik, anemia hemolitik, anemia sel sabit.  Selain itu perlu tindakan tranfusi darah atau tidak setelah melewati proses pengcekan lab.

Tiada ulasan: