Khamis, 31 Mac 2016

Seputar Penyakit Polistemia Vera Yang Perlu Diketahui



Polistemia mungkin cukup asing di telingga kita, tidak setenar seperti anemia. Salah satu ganguan dari sel darah merah.  Penyakit ini ditemui lebih banyak pada wanita daripada pria.  Biasa mengenai orang yang telah memasuki masa lanjut usia, sekitar 40-60 tahun tapi tidak menutup kemungkinan untuk menyerang orang muda.
a.       Apa Polistemia  Vera Itu ?
Manusia memiliki sel darah merah dalam mengikat oksigen dan nutrisi yang akan diberikan kepada sel. Polistemia ini sel dalam merah dalam tubuh sudah berlebihan berbanding terbalik dengan anemia yang jumlahnya kurang. Memang sesuatu yang berlebihan dan kekurangan pasti akan menimbulkan masalah. Kelebihan sel darah merah ini menganggu sistem kerja tubuh.
b.      Penyebab Polistemia Vera
Sumsum tulang adalah tempat memproduksi seluruh sel darah. Saat sumsum tulang mengalami ganguan maka akan terjadi  suatu penyakit. Pada polistemia vera terjadi mutasi sehingga sumsum tulang menghasilkan sel darah merah berlebihan atau dibatas normal.
c.       Gejala Polistemia Vera
Muka  dan mata tampak kemerah-merahan,  klien tampak keluar keringat dingin,  cepat mengalami kelesuhan, mengalami ganguan pada pengelihatan, sering pusing kepala, mengalami sesak napas,  bisa disertai dengan gejala asam urat seperti sendi terasa sakit dan tampak membengkak.
d.      Penanganan polistemia vera
Segera memeriksakan diri ke pelayanan kesehatan atau dokter, karena bila tidak segera diobati bisa menyebabkan kematian. Pada penyakit ini organ limpa dan hati mengalami pembengkakan.  Biasanya akan diberikan obat untuk menekan jumlah sel darah merah.

Tiada ulasan: