Isnin, 14 Mac 2016

SEPUTAR PENYAKIT PNEUMONIA YANG PERLU DIKETAHUI



Paru-paru adalah tempat pertukaran oksigen. Oksigen salah satu kebutuhan dasar manusia, bila dalam hitungan menit  tidak mendapatkan oksigen bisa mengalami kematian. Bila tempat berlangsung pertukaran oksigen dan karbondioksida mengalami gangguan, maka kebutuhan tubuh tidak terpenuhi, bisa menyebabkan kematian sel. Oksigen berikatan dengan sel darah sebagai sumber nutrisi sel.
a.      Apakah Itu Pneumonia ?
Pneumonia adalah peradangan pada paru-paru yang mengenai alveoli. Alveoli tempat dimana pertukaran gas itu berlangsung, berbentuk seperti kantong udara. Paru-paru orang dewasa memiliki 300 juta alveoli sedangkan pada bayi sekitar 24 jutaan. Bila ada peradangan jutaan alveoli  terkena dan tidak bisa menjalankan tugasnya secara baik.
b.      Penyebab Pneumonia
Penyebab pneumonia menyerang tubuh adalah bakteri dan virus yang masuk lewat pernapasan, lalu menginfeksi paru-paru. Saat bakteri dan virus itu menyerang sistem pertahan tubuh sedang lemah, misal saat lagi tidak enak badan, kelelahan, capek, stress. Antibodi tubuh tidak bisa maksimal membasmi sumber penyakit tersebut.
c.       Gejala Pneumonia
Gejala Pneumonia yang biasanya muncul adalah batuk produktif yang mengeluarkan sputum (dahak) disertai dengan bercak darah. Nyeri pada area dada, sakit kepala dan tengkorokan.  Mendadak dingin, menggigil, demam tinggi, muka pucat, lemas dan kadang keluar keringat dingin, tampak kesulitan bernapas.
d.      Penangan Pneumonia
Sebaik segara dibawah kedokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan. Biasanya akan dilakukan rotgen dada, serta  laboratorium untuk sputum. Selain itu menjaga asupan makanan yang bergizi serta  dalam peningkatan daya tahan tubuh. Menghirup udara segar di pagi hari sebelum tercemar polusi juga bisa membantu.

Tiada ulasan: