Ahad, 20 Mac 2016

Seputar Penyakit Pericarditis Yang Perlu Diketahui



Jantung merupakan tempat proses aliran darah itu berjalan lalu mengintari tubuh. Memberikan nutrisi kepada sel-sel. Jantung bila berhenti berdetak, maka manusia akan diagap meninggal dunia. Jantung terus berdetak sepanjang waktu menjalankan tugasnya untuk memompa darah. Jantung memiliki struktur yang rumit sama seperti organ lain,  maha  besar sang pencipta. Lapisan luar yang membungkus jantung seperti kantung disebut pericardium.
a.       Apakah Pericarditis Itu ?
Peradangan pada selaput pericardium  dikarenakan infeksi bakteri atau virus.  Selaput tersebut mengalami pembengkakan sehingga mengganggu sistem kerja jantung sebagai organ pemompa darah.
b.      Gejala Pericarditis
Gejala yang biasanya timbul adalah nyeri dada seperti ditusuk-tusuk terutama bila bergerak, berkurang bila agak membungkuk. Nyeri dada tersebut menjalar ke bahu sampai keleher dan lengan kiri. Sesak napas, denyut jantung meningkat, edema  pada kaki, suhu tubuh yang meningkat atau panas, menggigil, disertai dengan batuk kering.
c.       Penyebab Pericarditis
Infeksi virus dan bakteri yang masuk kedalam aliran darah atau karena ada penyakit lain di tubuh. Trauma pada dada karena kecelakaan mobil atau motor, gagal ginjal yang menyebabkan ureum darah tinggi, penderita leukemia yang berpontensi mengalami penyakit ini, terapi radiasi seperti kemoterapi karena kanker.
d.      Penanganan
Bila pericarditis masih tahap ringan maka dengan sendirinya akan sembuh  tapi  menjaga pola hidup sehat serta olahraga yang teratur. Bila ke tahap yang sedang atau berat sebaiknya segera melakukan konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut seperti rotghen thorak, EKG, bila diperlukan akan dilakukan tindakan pembedahan. Jangan anggap ringan sebuah penyakit, bisa berujung pada kematian.

Tiada ulasan: