Jumaat, 25 Mac 2016

Seputar Penyakit Pterigium Yang Harus Diketahui



Kebiasaan bermotor tidak suka menggunakan helm atau kacamata sehingga terpapar debu jalanan dan sinar matahari. Bukan hanya berefek pada infeksi saluran napas atau tenggorokan. Tapi debu itu bisa menyebabkan penyakit mata, bila terus menerus bisa pterigium.
a.      Apa Itu Pterigium ?
Pada bola mata orang sehat tampak bening keputihan dengan lingkaran hitam. Pada pterigium terdapat selaput tipis atau seperti jaringan yang tumbuh pada mata, berwarna merah. Selaput ini bila tidak segera ditangani akan menganggu pengelihatan.
b.      Penyebab Pterigium
Penyebab pterigium sampai saat ini belum diketahui pasti.Tapi ada berapa factor yang bisa menimbulkan penyakit ini. Mata yang sering terpapar debu dan sinar matahari. Mengalami infeksi mata sebelumnya serta mata kering.
c.       Gejala Pterigium
Gejala yang timbul pada stadium awal tidak menganggu pengelihatan. Tapi seiring berjalan atau semakin parahnya penyakit akan timbul gejala mata terasa sakit, ada yang mengajal, merah, sering mengalami sakit mata, terasa gatal pada mata serta padangan agak kabur atau tidak jelas seperti ada bagian yang menutupi, terdapat selaput kemerahan.
d.      Penanganan Pterigium
Hindari paparan sinar matahari dan gunakan alat penutup mata atau kacamata saat melakukan perjalanan. Bila gejala-gejala mulai timbul, sebaiknya untuk  berkonsultasi dengan dokter dalam pengobatan. Pada stadium awal biasanya hanya akan diberi obat tetes mata. Tapi pada stadium yang lebih tinggi akan dilakukan tindakan operasi untuk mengangkat jaringan tersebut.

Tiada ulasan: