Rabu, 3 Februari 2016

Kamu Harus Bangga Meski Nilai Kecil Asal Tidak Mencontek



Setiap kita diberi tuhan dengan IQ yang berbeda-beda. Ada yang terlahir dengan IQ tingg, ada yang biasa-biasa saja dan IQ yang rendah. Tapi apapun itu kamu harus bersyukur dengan karunia tuhan tersebut. Sebenarnya ada salah satu hal yang lebih penting dari sekedar IQ tinggi yaitu kerja keras dan kejujuran. Ada yang seorang ditakdirkan dengan otak yang encer tapi dia tidak memanfaatkan pemberian tuhan dengan sebaiknya. Ada orang yang biasa-biasa saja tapi dia bisa menjadi orang yang luar biasa. Ada orang yang terbelakang dalam IQ atau kekurangan tapi dia bisa mengukir prestasi dan membanggakan nama bangsa. Lalu masih pentingkah, bila  kita berpikir bahwa sebuah IQ itu adalah tolak ukuran kecerdasan.
            Bila nilai kecil tapi dari hasil kerja keras sendiri tanpa mencontek kamu harus bangga dengan hal itu. Kamu termasuk orang yang hebat. Tuhan saja sang pencipta tidak pernah melihat hasil yang kita dapatkan tapi usaha yang telah kita lakukan. Jadi berbanggalah bila kita mendapatkan sesuatu itu dengan jalan kejujuran
            Nilai yang tertera di kertas hanya sebentuk ukiran angka, ada hal yang lebih penting yaitu nilai yang ada pada diri. Bila nilai dikertas kita hanya lima, tapi nilai diri kita adalah sembilan. Bearti kita telah menjadi seorang pemenang dan juara, karena mendapatkan nilai diri yang tinggi. Nilai terdapat di kertas hanya bisa terlihat oleh mata tapi nilai yang melekat dalam diri akan bisa engkau bawah kemanapun berada.
            Bila nilaimu kecil, asal itu didapatkan dari usaha sendiri kamu harus bangga, daripada nilai sembilan di kertas tapi lima nilai diri karena didapat dari hasil mencontek. Ada sebuah kebohongan yang terselubung, kamupun merupakan seorang pecundang bukan pemenang. Maka lebih baik mendapatka nilai kecil daripada nilai besar dari hasil mencontek.
            Banyak orang-orang besar yang nilai akademiknya anjlok atau pas-pasan tapi mereka mampu menjadi orang yang bernilai dan bermanfaat, tak kalah dengan orang yang memiliki nilai tinggi dan memuaskan. Seperti kata pepatah bahwa bakat itu hanya 1% persen mendukung dari keberhasilan selebihnya adalah kerja keras. So berbanggalah bila nilai kecil tapi hasil kerja keras sendiri.

Tiada ulasan: