Jumaat, 12 Februari 2016

Lima Cara Mengatasi Morning Sickness Pada Ibu Hamil



Hamil adalah salah satu masa terindah dalam hidup seorang wanita karena akan menjadi seorang ibu. Kebahagian itu dilewati dengan tidak mudah. Perubahan hormon yang seketika terjadi didalam tubuh. Membuat perubahan sistem kerja tubuh. Tak hanya pribadi yang sensitif dan badan terasa tidak enak. Pada awal kehamilan, tak semua ibu bisa enjoy dan memiliki fisik yang kuat untuk melewati proses tersebut. Ada sebagian wanita selama kehamilan tidak menampakan gejala apa-apa, enjoy saja. Tapi tak semua begitu. Masing-masing tubuh orang berbeda dalam manejemen sebuah perubahan. Bagi ibu yang mengalami morning sicknenss, ini ada lima cara mengatasi morning sickness pada ibu hamil yaitu :
a.      Hindari makan yang berminyak
Minyak bisa meningkatkan asam lambung yang  merangsang mual dan muntah itu muncul.  Makan buah-buah yang manis, serta sayur hijau yang diolah dengan tidak menggunakan minyak akan lebih baik. Cemilan roti kering, biskuat,  cukup membantu mengurangi rasa mual.
b.      Minum air hangat
Minum air hangat bisa mengurangi rasa mual dan keinginanq muntah. Sebenarnya teh hangat sangat baik dalam mencegah muntah, tapi saat masa kehamilan  tidak diajurkan kerana berapa penelitan mengatakan terlalu banyak mengkonsumsi teh saat hamil, kurang baik untuk perkembangan janin. Sekali-kali bolehlah.
c.       Hindari bau yang menyengat
Menghindari bau-bau yang menyengat, karena pada masa awal kehamilan indera penciuman sangat sensitif. Bila tercium sesuatu yang menyengat bisa merangsang perasaan ingin muntah.
d.      Makan sedikit tapi sering
Makan sedikit tapi sering sangat dianjurkan, bila calon ibu mengalami morning sicknens. Ini membantu asupan makan ketubuh terpenuhi dan kebutuhan gizi jabang  bayi tercukupi. Makan sekaligus malah membuat lambung penuh dan akhirnya muntah. Sedikit demi sedikit dengan cara ngemil. Pada awal-awal kehamilan, tak perlu terlalu dipikirkan tentang kandungan gizi, penting ada  makanan yang masuk, itu lebih baik daripada karena takut mual dan muntah jadi malas makan. Kasian bayinya, apalagi pada tremister awal kehamilan syaraf otak lagi dibentuk. Katanya awal-awal kehamilan ini menjadi penentu kecerdasan dari sang anak.
e.       Konsultasi ke dokter
Bila mual dan muntah terus- menerus, membuat tubuh lemas. Sebaiknya langsung konsultasi ke dokter sepsesialis kandungan,  untuk mendapatkan penanganan terbaik.

Inilah berapa lima cara mengatasi morning sikcnes pada ibu hamil, satu hal yang pasti gejala ini timbuh hanya awal-awal saja.Seiring bertambah bulan tubuhpun akan beradapatsi. Satu hal yang harus dingat bahwa semalas-malasnya mau makan tetap perut harus didisi dengan sesuatu.

Tiada ulasan: