Sabtu, 13 Februari 2016

Lima Cara Mengatasi Anak Yang Susah Makan Sayur



Menghadapi anak yang susah makan  sayur, cukup melelahkan dan bikin khawatir. Anak  bisa terjangkit gizi buruk. Tubuh manusia membutuhkan berbagai elemen zat gizi dari mineral, vitamin,  tak hanya sekedar kabohidrat dan protein saja. Sayur-sayuran mengandung banyak zat gizi yang dibutuhkan tubuh. Bila anak tidak suka makan sayuran, maka asupan gizipun kurang. Ibu harus memiliki tekhnik dan trik jitu agar anak mau melahap makanan tersebut. Ini lima cara mengatasi anak yang susah makan sayur yaitu :
a.      Membentuk makanan menarik
Kreatifitas ibu, harus sedikit diasah dengan menyajikan makanan dalam bentuk yang menarik, sehingga anakpun ingin menyatapnya. Membentuk sayur wortel dengan sayur hijau yang telah dimasak, dalam bentuk rumah, boneka serta lain sebagainya, dikreasikan bersama nasi. Dijamin anakpun akan tetarik untuk memakannya.
b.      Merangsang dari film kartun
Kartun Popaye si bajak laut yang suka menyatap sayur bayam, tubuhnya kuat. Bisa menjadi sarana edukasi bagi anak. Masa anak-anak adalah masa meniru yang dilihat menjadikan sebuah prilaku. Itulah alasan film popaye dibuat agar anak-anak inggris suka makan sayur bayam. Tentu masih banyak film kartun yang lain, bisa dipilih menjadi sarana merangsang anak untuk mau makan sayur.
c.       Memberi penjelasan
Anak, rasa ingin tahunya sangat tinggi. Maka tak heran banyak pertanyaan tak terduga lahir dari bibirnya. Otak mereka sedang berkembang pesat. Memberikan pejelasan kepada anak tentang keuntungan makan sayuran dan apa manfaatnya akan memberikan pemahaman ke mereka. Bukan hanya orang dewasa saja butuh pejelasan anak kecilpun juga sama.
d.      Mengenal sayur sedini mungkin
Setelah anak mulai makanan pendamping ASI atau MPASI, sebaiknya kenalkan sedini mungkin aneka macam sayuran kedalam daftar menu makanan. Di usia, enam bulan keatas, anak belum bisa membedakan makanan, hanya  baru belajar mengenal jenis dan rasa makanan. Bila dari sedini sayuran dikenalkan kepada mereka, maka saat anak mulai tumbuh, maka akan menjadi penyuka sayuran.
e.       Orangtua  harus menjadi contoh
Bila orangtua doyan sayur, maka anaknyapun akan doyan sayur. Lihatlah sebuah keluarga yang tidak menyukai daging tertentu misal daging sapi atau ikan patin karena beragapan amis, maka hampir seluruh anggota keluarganya tidak akan meyukai patin dan daging sapi, termasuk sang anak.. Bila anak ingin makan sayur, orangtuapun harus memberikan contoh.
Itulah lima cara mengatasi masalah anak yang tidak suka makan sayur. Masih banyak tips atau cara yang lain, ini hanya sebagian saja. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Tiada ulasan: