Ahad, 14 Februari 2016

Lima Makanan Yang Harus Di Konsumsi Ibu Hamil



Ibu hamil tentu memerlukan asupan  makanan dua kali lipat dari biasanya karena ada dua nyawa yaitu ibu dan anak. Maka memperhatikan makanan yang ibu makan itu sangat penting untuk menjaga sang janin tumbuh dengan baik dan selalu sehat. Tak hanya jumlah makanan yang harus banyak tapi ada yang lebih penting kandungan gizi itu harus diperhatikan. Bila asal makan dan tidak memperhatikan apa yang masuk maka akan mempengaruhi perkembangan janin. Tentu kita menginginkan miliki anak yang sehat dan cerdas. Salah satu factor untuk mendapatkan itu semua yaitu gizi yang terpenuhi. Ini lima makanan yang harus dikonsumsi ibu hamil yaitu
a.      Ikan
Ikan mengandung banyak omega tiga, mineral, protein dan zat gizi lainnya. Sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Ada penelitian yang menyatakan bahwa ibu hamil yang mengkonsumisi ikan secara rutim, akan melahirkan anak yani cerdas, ber IQ tinggi. Tapi ada hal yang harus diperhatikan dalam mengkonsumsi ikan yaitu ikan segar dan tidak terpapar zat berbahaya.
b.      Sayur hijau
Kandungan gizi pada sayuran tidak diragukan lagi. Sayuran hijau sangat baik dikonsumsi oleh siapapun apalagi oleh ibu hamil yang sedang membutuhkan asupan gizi yang tinggi. Bila ibu hamil tidak suka mengkonsmusi sayur, bisa mengakibatkan anemia  dan kurang darah. Maka jangan ragu untuk mengkonsumi  sayur terutama yang direbus.
c.       Buah-buahan
Buah-buahan kaya akan vitamin, bila ibu rutin mengkonsumi buah-buahan maka dia tak perlu vitamin tambahan dari dokter. Mengkonsumi beraneka macam buahan sangat baik bagi ibu hamil dan perkembangan bayi. Tapi hindari buah-buah yang terpapar petisida atau zat yang berbahaya, akan lebih baik bila mengkonsumi buah organik.
d.      Air putih
Ibu hamil harus mengkonsumsi air putih yang cukup agar tidak dehiderasi dan kekurangan elektrolit. Bila tumbuh kekurangan cairan maka akan lemas, dan melemahnya sel tubuh. Ini akan sangat membahayakan sang bayi. Maka minum air putih yang cukup sangat dianjurkan.
e.       Kacang-kacangan
Kacang hijau atau jenis kacangan yang lain, sangat baik disantap oleh ibu hamil. Kandungan lemak nabati sangat dibutuhkan oleh tubuh. Mengkonsumi bubur kacang hijau atau mengemil kacang tanah, bisa menjadi alternativ pilihan.
Itulah lima hal yang harus dikonsumsi ibu hamil, bila asupan gizi ibu terpenuhi, maka bayipun akan lahir sehat da tidak gampang sakit. Memperhatikan makanan yang masuk kedalam tubuh itu sangatlah penting. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Tiada ulasan: