Khamis, 4 Februari 2016

LIMA CARA AGAR ANAK GEMAR MEMBACA



Kata bijak mengatakan bahwa membaca membuka jendela dunia.  Maka mendidik anak menjadi gemar membaca adalah suatu langkah untuk membentuknya menjadi orang yang membukakan  jendela dunia tersebut. Dengan membaca otak akan aktif bekerja, ibarat pisau yang jarang diasah maka akan tumpul. Dengan membaca maka otak akan terasah. Ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa membaca meningkatkan IQ sesorang. Inilah lima cara agar anak gemar membaca yaitu
a.      Kenalkan Buku Sedini Mungkin
Mengenalkan buku sedini mungkin, sejak dalam  rahim dengan cara  ibu yang rutin membaca buku.  Salah satu langkah utama.  Selain  itu,  meski anak belum bisa membaca   mendogengkan cerita sebelum tidur,  lewat buku yang kita pegang. Serta membiarkan anak bermain-main dengan buku.  Seringnya dia berintraksi dengan buku, maka perasaan menyukai dan menyenangi itu akan tumbuh. Seiring waktu berjalan maka buku menjdi sahabat terbaik bagi mereka.
b.      Jalan Ketoko Buku Dan Perpustakan
Selain mengajak anak belanja di pusat pertokoan, mal dan refresing kealam bebas. Agenda rutin untuk mengajak mereka ke toko buku harus dilakukan. Membiarkan merekamemilih sendiri buku yang disukai atau berjalan-jalan keperpustakan. Sebagian  perpustakaan daerah  sudah menyediakan   ruangan khusus  yang berisi buku-buku anak.
c.       Beri Contoh Lewat Orangtua
Orangtua adalah rolmodel bagi sang anak. Ilmu psikologis mengatakan usia anak-anak adalah usia meniru. Mereka akan mencontoh yang lihat dan menjadikan sebuah prilaku.  Pernah ada  berita,  anak  Jepang yang terjun dari lantai rumahnya, karena meniru film kartun yang dia tonton.  Bila kita menginginkan anak suka membaca buku, mulai dari orangtua terlebih dahulu.  Biarkan dia mengikuti apa yang kita lakukan
d.      Hiasi rumah dengan buku
Memiliki ruang khusus untuk membaca, meletakan buku di kamar anak. Salah satu cara merangsang mata mereka. Ketika membuka mata anak melihat buku, setiap sudut rumah dia melihat buku. Maka anak akan tumbuh  dan berkembang bersama buku-buku tersebut. Sesuai usia anak dengan buku yang dia baca. Pantau juga buku bacaan. Terkadang anak buku-buku yang tidak bagus untuk mereka baca. Bisa mempengaruhi prilaku dan sikap.
e.       Batasi anak  menonton Televisi
TV bukan lagi  benda  yang mahal . Sekarang malah menjadi kebutuhan khusus bagi sebuah keluarga. Menghabiskan waktu berjam-jam di depan televisi sudah menjadi agenda rutin. Batasi anak anda dalam menonton televisi, pastikan miliki jadwal khusus dengan tontonan yang mendidik pastinya.
Itulah lima cara agar anak  gemar membaca.  Sebenarnya banyak cara dan tekhnik yang lain. Ini hanya sebagian saja. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, termasuk saya pribadi tentunya. Mari kita tanamkan sedini mungkin gemar membaca. Agar kita bisa membentuk generasi maju, seperti Negara Jepang.

Tiada ulasan: