Rabu, 3 Februari 2016

Lima Langkah Agar Mengerjakan Skripsi Lebih Mudah



Bagi mahasiswa semester akhir skripsi adalah momok yang paling menakutkan dan diagap lebih rumit dari pada belajar bertahu-tahun di bangku kuliah. Kalau pelajaran biasa dihadapi beramai di kelas, ini kita sendiri yang berjuang menghadap dosen. Dengan proses revisi dan coret-mencoret yang melelahkan. Bermingu-minggu pontang-panting cari refrensi, dalam hitungan menit hasil karya yang disuguhkan dicoret-coret habis-habisan. Apa ngak sakit tuh ? Nyesek banget rasanya. Tapi tenang ini lima langkah agar mengerjakan skripsi lebih mudah
a.      Persiapkan dari jauh hari
Berapa bulan lagi mau skripsi sebaiknya judul yang ingin diambil telah dipikirkan. Kira-kira mau mengangkat masalah apa. Siapkan berapa judul yang kira-kira menarik, tapi mudah mencari tinjauan pustakanya.  Biar nanti saat waktu pengajuan  telah siap menyodorkan pada pemimbing.
b.      Rajin berkunjung keperpustakan
Rajin-rajin berkunjung keperpustakan untuk melihat buku yang kira-kira  bisa dijadikan tinjauan pustaka. Selain itu pelajari skripsi para senior ysng biasa tersedia di perpustakan. Sebagai bahan rujukan bukan untuk dicopy paste tapi belajar tekhnikya saja.
c.       Kumpulkan jurnal
Gunakan internet selain buat main media sosial tapi juga mencari jurnal-jurnal yang  sesuai dengan penelitaan yang bakal diambil dan bisa dijadikan bahna refrensi.
d.      Belajar metodologi penelitian
Membaca buku riset satu atau dua buah macam, bisa membuka pikiran tentang metode penelitian yang bakal kita ambil nanti.
e.       Persiapkan tempat penelitian
Mencari-cari tempat yang akan menjadi objek penelitian, harus mulai dipikirkan jauh-jauh hari. Bila punya waktu luang  survei kelapangan, akan lebih baik lagi.

Itulah lima langkah agar menulis skripsi lebih mudah. Semoga bermanfaat, jangan jadikan skripsi momok yang menakutkan. Bila kita mempersiapkan dan menjalani dengan enjoy maka semua bisa terlewati dengan baik.                                                

Tiada ulasan: